Setting Engenius EWS300AP Access Point

EWS300AP Access Point merupakan produk network yang dikeluarkan oleh EnGenius. Harga access point bisa dibilang cukup tejangkau, dengan harga dipasaran sekitar 1,2 jt fitur yang didapat tidak kalah hebat dari pesaingnya. EWS300AP bisa digunakan tanpa menggunakan Controller atau Standalone, tapi kalau penggunaan AP sudah sebanyak atau diatas 20 unit saya sarankan agar menggunakan Controller. Dengan adanya Controller akan mempermudah kita dalam memanage semua access point yang terpasang.

Oke, kita lanjutkan dalam men-setting atau mengkonfigurasi AP EWS300AP tersebut. Pertama kali yang harus dilakukan adalah mengganti IP Address laptop atau PC yang digunakan dengan IP Address yang satu segment, yaitu 192.168.1.0/24. Selanjutnya akses menggunakan web browser dan masukan IP Address 192.168.1.1 masukkan username admin dan password admin sebagai user credential defaultnya.


Next, bisa bergeser ke menu Network > Wireless. Di halaman tersebut bisa dilihat bahwa ada 8 + 1 daftar SSID yang bisa di enable. Artinya EWS300AP bisa multiple SSID, kerenkan? Dalam kasus ini saya hanya meng-enable 1 SSID yaitu SSID UNBK-AP1. Pada kolom Edit anda akan disuguhkan dengan fitur untuk merubah password atau sandi yang akan digunakan oleh pengguna ketika pertama kali mau terkoneksi.


 Selain Fitur SNMP yang digunakan untuk memonitor perangkat atau device. Dalam Access Point ini juga ada fitur Email Alert, yang bisa digunakan untuk memberikan notifikasi ke kita dengan cara melalu email. Keren atau biasa aja? Silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.



Oh ya, seperti kalayaknya Access Point. Untuk pemberian IP Address ke pengguna bisa menggunakan DHCP Server yang ada di Access Point atau DHCP Server External. Kalau konfigurasi ini hanya tinggal Enable atau Disable aja. Selain semua hal diatas anda juga harus mengganti user credential untuk masuk ke Access Point dan yang paling penting jangan sampai lupa masuk menu Changes dan klik Apply agar semua perubahan yang dilakukan tersimpan.

Posting Komentar